Kamis, 11 Agustus 2011

Terapi Lintah Untuk Diabetes


Diabetes adalah salah satu penyakit kronis paling lazim di dunia.  Jutaan orang telah didiagnosa menderita Diabetes dan trend penyakit ini dari hari ke hari makin meningkat. Diabetes sendiri disebabkan kondisi gagalnya pankreas memproduksi insulin yang cukup. Diabetes yang banyak menyerang adalah tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 biasanya awal masa kanak-kanak, di mana terdapat penipisan insulin absolut. Sedangkan diabetes tipe 2, serangan biasanya di usia dewasa sekitar usia 45 tahun atau lebih, di mana insulin yang diproduksi tidak mencukupi.
Ketika kita memakan sesuatu, maka zat gula yang terkandung dalam makanan itu akan berubah menjadi glukosa, lalu masuk aliran darah dan didistribusikan ke sel-sel tubuh kita. Glukosa adalah "makanan" yang memberi energi bagi berfungsinya sel tubuh dan insulin sangat penting untuk menghancurkan glukosa ke dalam bentuk yang dapat digunakan sel-sel kita. Tanpa insulin atau terlalu sedikit insulin, glukosa tidak diserap oleh sel-sel kita, dan akhirnya menyebabkan tidak adanya energi.
Pada kondisi demikian, glukosa menetap dalam darah dan menyebabkan penebalan pembuluh, yang mengakibatkan komplikasi di dalam tubuh. Pengangkutan darah dari satu organ ke organ lain memerlukan lebih banyak usaha, yang berakibat dinding pembuluh menebal dan menjadi kurang fleksibel. Hati juga  di paksa lebih banyak bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh lebih berat, pembuluh darah menebal dan lebih susah dilewati. Akhirnya menyebabkan komplikasi pada organ utama seperti serangan stroke, serangan jantung maupun emboli paru-paru.
Salah satu cara yang efektif mengobati diabetes dengan terapi lintah atau Hirudo Theraphy. Pada saat lintah menggigit, akan mengeluarkan bermacam zat, Salah satu dari zat tersebut adalah hirudin yang memiliki fungsi anti koagulan dan melancarkan aliran darah.
Pada pasien diabetes dengan kekentalan darah tinggi, zat ini akan membantu mencegah pembekuan darah, mengencerkan dan melancarkan aliran darah pasien. Manfaat lainnya, darah lebih mudah beredar dan berkurangnya tekanan pada jantung, serta pembuluh darah secara signifikan.
Zat-zat lain pada liur lintah akan memberikan kontribusi pada perbaikan dan normalisasi sirkulasi kapiler, serta zat lain yang menghasilkan analgesik alami, memberikan sifat antibakteri, menurunkan tekanan darah dan mempunyai efek anti inflamasi.
Bagi penderita diabetes,  perawatan jari tangan dan kaki sangat penting karena sirkulasi darah diabetes dapat lamban, dikarenakan terkadang darah tidak mampu sepenuhnya menembus kapiler, sehingga tubuh tidak bisa menyembuhkan luka kecil, atau lebih buruk lagi berakibat nekrosis atau matinya jaringan. Hal ini dapat menyebabkan diamputasinya jari, kaki atau anggota badan lain.
Terapi lintah telah diketahui berabad-abad dalam meningkatkan sirkulasi di bagian distal tubuh yakni kaki. Efek pemulihan hirudotherapy menghasilkan peningkatan sirkulasi mikro yang sangat penting dalam mencegah amputasi jari tangan dan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar